WELCOME TO PUNKANDRA.BLOGSPOT

Rabu, 06 Juli 2011

TIPS CEPAT LULUS KULIAH

Mau tips cepat lulus kuliah? atau lancar kerjain skripsi/tesis?
Saya pribadi mau bagi pengalaman, catatannya kalian boleh ikutin atau nggak. Dan isi diluar bukan tanggung jawab penulis!
Uhm… mungkin neh karena saya di lingkungan kampus nggak masuk dalam genk-genk gitu. Jadi bener-bener berdiri sendiri. Saya targetin kerjain skripsi dari tahun ke 2 (tepatnya semester awal semester 5), dan memasukin akhir semester 6 skripsi saya sudah selesai. Poin-poinnya:
1. Modifikasi dari model yang lama
2. Carilah literatur penunjang yang banyak! Punya saya daftar pustaka sampai 44 biji.
3. Manfaatin internet!
4. Nginep di perpus juga boleh, kan ada tuh namanya studi pustaka? katanya nginep di perpus. Haha..
5. Buat dateline kapan mau dikelarin!
6. de el el (boleh ditambahin)
bonus: punya affairs! dengan dosen!

ada tips lg yang dikit serius dari para senior
Menurut beliau begini lah tips2 biar cepet sidang dan cepet wisuda

1. JUDUL
piliH judul TA yg bahas ttg ilmu baru, tapi nggak sulit jadi dosen kampus ga ada yg tau sehingga dibantainya paling ga bagitu detail. Dan pastinya cari judul yang sesuai minat kita. Jangan terlalu maksa pengen tentng jaringan tapi pas kuliahnya kita ga terlalu menguasainya.

2. ORANG LAIN
Kita ga bisa hidup sendirian didunia ini. Walaupun dia jenius sekalipun ada kalanya dia mentok dan butuh bantuan orang lain. Maka yang dibutuhkan untuk kesuksesan TA kita adalah temen/senior/pacar yang bisa dijadikan referensi untuk kelancaran TA kita. Bukan memanfaatkan lho..hanya meminta pencerahan, wejangan, saran dan kritik. Segala sesuatunya tetep harus kita sendiri yang ngelakuin.

3. DOSEN PEMBIMBING
Dalam penyusunan TA kita diberikan dosen pembimbing untuk dapat membimbing kita, memberi masukan-masukan dan menjaga agar bahasan kita tetap fokus pada judul serta tidak melebar. Disini peran dosen pembimbing sangat diperlukan. Coba bayangkan jika kalian mendapat dosen pembimbing yang sibuknya luar biasa kerjaannya keluar negeri. Mau jadi apa nasib kita?? Jadi carilah dosen pembimbing yang jangan terlalu sibuk dan bisa siap sedia jika kita mau minta bimbingan.

4. MOTIVASI
Janganlah putus asa dengan TA yang sedang kita geluti. Walaupun memang bikin gila tapi yakinlah jika kita berusaha terus, pasti akan ada kemudahan didalamnya. So jangan bosen-bosen dnan pinter-pinterlah buat memotivasi diri sendiri biar selalu semangat dan optimis sama TA kita.

5. SPIRITUAL
Naaah..ini juga penting banget.  Jangan sampe lupa untuk memohon doa kepada Allah untuk kelancaran TA kita. Sering-seringlah mengadu kepada-NYA. Yakinlah bahwa akan ada kemudahan dan pencerahan dari Yang Maha Kuasa. Satu lagi yang paling penting baget “MINTALAH DOA KEPADA KEDUA ORANG TUA KITA”  masih inget kan ada hadist yang mengatakan  ”Ridho Allah terletak pada ridho orang tua” jadii kalo orang tua kita senantiasa ikhlas mendoakan kota maka Insya Allah ridho Allah pun akan turun kepada kita.
Seperti itulah ulasan tips dari para senior . Kalau  udah dapet ke 5 itu, Insya Allah kemudahan senantiasa datang pada kita. Yang lagi bergelut dengan TA, lagi mentok sama TA, hampir gila gara-gara TA  jangan lama-lama terlarut dalam keputusasaan. Semangaaat…^^
Sebenarnya ada yang lebih dari yang saya sebutin di atas. Yaitu punya motivasi yang kuat! Saya buat motivasinya jadi “negatif” karena saya benci dengan lingkungan di kampus saya! Jadi, mau nggak mau saya harus berjuang buat menyelesaikan secepat mungkin skripsi supaya saya cepat hengkang dari kampus :Dsumber

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More